Thursday, November 12, 2009

LATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

LATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
Biasanya telah mempunyai kecakapan & keterampilan dasar yang menentukan mereka adalah produk darisuatu sistem pendidikan dan mempunyai pengalaman yang diperoleh dari organisasi lain.,ttp tidak jarang pula karyawan yang belum diterima tidak mempunyai kemampuan secara penuh untuk melaksanakan tugas”nya bahkan para karyawan yg sudah berpengalaman penuhn perlu belajar dan menyesuaikan dngan org”nya, kebijakanya dan prosedur:nya. Mereka juga mungkin memerluakan pelatihan dan pengembangan lebih lanjut untuk mengerjakan tugas”nya secara sukses.

Latihan dan pengembangan itu berbeda :
Latihan (training)
Utk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu , terperinci dan rutin.
Pengembangan
Kegiatan yang dilakukan manajemen yg ingin mempersiapkan para karyawan untuk memegang tanggung jawab perkerjaan diwaktu yang akan datang.

Dari sisi nampak pengembangan merupakan ruang lingkup yg lebih luas dalam upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan kepribadian.


ADA 2 TUJUAN PROGRAM LATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM :
1. Untuk menutup ‘cap’ antara kecakapan / kemampuan karyawan dengan permintaan jabatan
2. Diharapkan dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas kerja karyawan dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan.

LANGKAH” PENGEMBANGAN KARYAWAN:
1. Penilaian dan indentifikasi kebutuhan
Mendiagnosa masalah” & tantangan” yang dihadapi organisasi sekarang ini.managemen mengindentifikasi berbagai masalah dan tantangan yang dapat diatasi melalui latihan / pengembangan jangka panjang.
2. Sasaran latihan dan pengembangan
Sasaran” ini mencerminkan perilaku dan kondisi yang diiginkan dan berfungsi sebagai standar” dengan mana prestasi individual ,efektivitas program dpt diukur
3. Isi program
Dirtentukan oleh indentitas , kebutuhan” & sasaran” pelatihan.apapun isinya program hendaknya memenuhi kebutuhan” organisasi dan peserta lainya.
4. Prinsip belajar
Prinsip” ini adalah bahwa program tersimpan partisipatif , relawan, penguntangan dan pemindahan serta memberikan umpan balik mengenai kemajuan persera latihan.


PENGEMBANGAN SDM
Merupakan suatu cara efektif untuk menghadapi bbrp tantangan oleh banyk organisasi besar,tantangan tersebut antara lain:
1. Keusangan karyawan
Terjadi bila seseorang karyawan tidaj lagi mempunyai pengetahuan atau kemampuan utk melaksanakan perkerjaanya dengan efektif. Hal ini mungkin karena perubahan dalam diri individu kegagalan menghadapi teknologi baru, prosedur” baru dan perubahan lainya.
2. Perubahan” sosioteknis
Perubahan” sosial dan teknologi merupakan tantangan bagi departemen personalia dalam mempertahankan SDM yang efektif. Cth : pengunaan mesin” otomatis akan memaksa perusahaan untuk merancang kembali program” pengembagannya.
Contoh lain : perubahan sikap budaya tentang tenaga kerja wanita mengakibatkan perusahaan harus memikirkan kebijaksanaan kembali agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat tentang peningkatan peranan wanita.
3. Perputaran tenaga kerja
Yaitu karyawan keluar dari perusahaan untk bekerja diperusahaan lain.hal ini merupakan tantangan khusus bagi pengembangan SDM karena kejadian tersebut tidak dapat diperkirakan untuk itu harus dipersiapkan setiap saat untuk pergantian karyawan yang kerluar. Dalam kenyataan program pengembangan prshan yang sangat baik, justru meningkatkan perputaran karyawan.




EVALUASI PROGRAM LATIHAN DAN PENGEMBANGAN
Implementasi program latihan dan pengembangan berfungsi sebagai transformasi para karyawan yang tidak terlatih diubah menjadi karyawan” yang berkemampuan sehinga dapat diberikan tanggung jawab yang lebih besar utk menilai kerberhasialn program tersebut, managemen harus mengevaluasi kegiatan” latihan dan pengembangan sistematis.

No comments: