Thursday, November 12, 2009

PENARIKAN SDM

PENARIKAN SDM
Penarikan adlh proses pencarian & pemikatan para calon karyawan yang mampu utk melamar sebagai karyawan.
Proses pnrikan mulai ketika pelamar dicari dan berakhir bila lamaran” mereka disertakan.
Hasilnya adalah sekumpulan pencari kerja dari mana para karyawan diseleksi.

Tjn penrkan adalah utk memperoleh suatu persediaan seluas mgkn dari calon” pelamar sedemikian rupa sehinga organisasi akan memp ksempatan utk mlkkn pemilihan tenaga kerja bermutu yg diperlukan. Proses penarikan SDM sangat penting sebab kualitas SDM didlm organisasi maupun prshan sangat tergantung pd proses penarikannya.


Saluran” penarikan SDM
1. Walk-ins yaitu si pelamnar dtg sendiri ke prshn.,kemudian prshan menerima lamarannya dan mengisi formulir yg diberikan prshan.
2. Rekomendasi dr karyawan yaitu karyawan yg ada di prshn trsbt memberikan informasi kepada temannya bahwa di prshan ada lowongan.
3. Pengiklanan yaitu ada yg terbuka dan tertutup.Terbuka yaitu jelas bahwa semua tertulis seperti alamat & nama prshn.,tertutup yaitu tdk tertulis alamat dan nama prshan biasanya melalui pos.
4. Agen” penempatan tenaga kerja
5. Lembaga pendidikan
6. Organisasi karyawan
7. Leasing yaitu prshn yg memerlukan karyawan secara berkala biasanya part-time
8. Nepotisme yaitu ditarik secara kekeluargaan
9. Asosiasi profesional
10. Operasi” militer yaitu militer / angkatan polisi yg sdh pensiun memiliki kemampuan yg bisa part-time
11. Open house yaitu perusahaan mengundang msy sekeliling / sekelompok org utk dtg ke prshn, mrk memberikan kesempatan berkeliling ke prshn utk melihat proses produksi, alat” yg ada di prshn.
Evaluasi penarikan SDM
1. Jumlah pelamar
2. Jlh usul ttg pelamar yg diajukan utk dierima
3. Jlh penerimaan / pelamar yg diterima
4. Jlh penempatan karyawan yg berhasil

Kendala” penarikan SDM
1. Kebijakan” organisasional
- K.promosi
Prshan mebuat suatu kebijaksanaan apabila ada lowongan jabatan maka diprioritaskan kpd karyawan yg ada di prshn tersebut. Namun kendalanya sering karyawan yg ada tersebut tidak memenuhi persyarratan yang dibutuhkan,kalau dipaksakan mk hslnya tdk akan memuaskan.
- K. Konvensasi
Perusahaan membuat renge terhaadap upah bg jabatan yg berbeda” dgn kebijakan ini sering palamar yg kulify tdk melamar dgn serius
- K.status pegawai
Prshn mencari pegawai yg tdk tetap maka byk calon karyawan / pelamar yg kualify tdk jadi melamar karena dia menginginkan sebagai pegawai tetap.
- K.penerimaan tenaga lokal
Prshn mengutamakan karyawan didaerah dimana prshn berada dan beroperasi maksudnya adalah hub dngan msyrk setempat terjalin dgn baik. Kendalnya adalah sering masyarakat setempat tdk dpt memenuhi persyaratan yg diminta
2. Rencana” SDM
Mrp salah 1 faktor yg harus dipertimbangkan dalam proses penarikan dgn menerima mslnya : keterampilan, perencanaan latihan , dan pengembangn promosi & transfer, Rencana personalia menguraikan pkrjan” dimana yg harus dipeniuhi mll penarikan dan mana yg akan diisi scr internal.

3. Kondisi pasar tenaga kerja
Mrp suatu wilayah geografis dimana kekuatan” supply yaitu org yg menjalin kerja berinteraksi dengan kekuatan” permintaan yaitu prshn yang sedan mencari tenaga kerja dan demikian akan menentukan harga tenaga kerja.
Bila supply dalam wilayah geografis ttn terbatas penarikan harus dilakukan kedaerah lain maka biayanya harus lebih mahal,dan sebaliknya jika supply karyawan yg kualify relatif tinggi dalam pasar lokal maka harga tenaga kerja akan cendrung menjadi rendah.
4. Lingkungan eksternal
Kondisi diluar prshn sangat mempengaruhi misalnya perubahan pasar tenaga kerja,tingkat penganguran, pertumbuhan ekonomi,hukum perburuhan, pengadaan tenaga kerja tertentu. Walaupun sudah dipertimbangkan sebelumnya lingkiungan ekonomi dapat berubah secara cepat sesudah rencana disetujui.
5. Persyaratan” jabatan
Setiap jabatan adalah salah satu kendala penarikan, misalnya untuk menarik tenaga kerja terampil sdh barang tentu lebih sulit daripada tenaga kerja tidak teranpil.utk itu departeman personalia perlu mempelajari permintaan jabatan dari informasi analisa jabatan d an komentar para manager.
Pengetahuan” akan persyaratan jabatan memungkinkan bagian personalia utk memilih cara terbaik dlm program dengn batasan” yang ada.
6. Kebiasaan” pelaksanaan penarikan
Keberhasilan penarikan dimasa lalu akan membentuk kebiasaan” itu. Mmg tahap ini dapat menghilangkan keputusan” yang memakan waktu.tetapi juga dapat meneruskan ksealahan” selama ini dan mmdhkan alternatif yang lebih efektif dengan demikian para pelaksana pnrkn memerlukan umpan balik,baik positif maupun negatif agar mereka tidak hanya mengantunggkan kepada kebiasaan” yg sudah terbentuk.

No comments: